Persiapan sekolah dan tinggal di Jepang

logo ppi jepang untuk sekolah dan berorganisasi di jepang

ppijepang.org

Artikel di bawah ini berisi rangkuman secara garis besar mengenai hal-hal penting yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke Jepang (sumber: website PPI Jepang).


1. Admission Letter dari universitas yang dituju

Admission Letter yang dimaksud adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh universitas yang bersangkutan yang menyatakan bahwa Saudara telah dinyatakan lolos ujian masuk dan diterima di universitas tersebut. Dokumen ini bukan Informal Consent/Letter of Acceptance dari professor yang ‘hanya’ berisi kesediaan calon profesor menjadi pembimbing. Pada awal masa studi di Jepang, mahasiswa baru akan tercatat sebagai research student. Admission Letter ini diperlukan untuk registrasi ke fakultas yang dituju sehingga kita tercatat menjadi mahasiswa aktif dan memperoleh kartu identitas.

2. Paspor

Pelajar Indonesia yang berada di Jepang umumnya datang dengan menggunakan paspor hijau (paspor biasa) atau paspor biru (paspor dinas) bagi PNS.

Paspor hijau : dikeluarkan kepada warga negara dalam rangka perjalanan reguler

Paspor biru/dinas : dokumen perjalanan RI yang dikeluarkan oleh Deplu untuk warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka dinas bukan diplomatik.

3. VISA

VISA merupakan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Jepang untuk warga negara asing agar dapat masuk ke Jepang. Perlu diingat bahwa VISA bukanlah jaminan masuk ke negara Jepang. Ijin masuk final diberikan oleh pihak imigrasi setelah kita mendarat di Jepang dan melalui proses pemeriksaan kelengkapan dokumen di imigarsi Jepang.

Untuk pelajar, pendaftaran VISA umumnya menyertakan COE (Certificate of Eligibility) yang dikeluarkan kantoriImigrasi lokal di daerah yang kita tuju. Dengan adanya COE, proses aplikasi VISA umumnya lebih lancar dan dalam waktu 4 hari VISA sudah ada ditangan. Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran VISA antara lain: Paspor, KTP, Formulir pendaftaran, Pasfoto terbaru ukuran 4.5 x 4.5 cm, COE asli dan fotokopinya

4. Foto

Foto diperlukan untuk berbagai keperluan administrasi, seperti mendaftar Alien Card, registrasi di kampus dsb. Sebaiknya disiapkan pasfoto hitam putih dan berwarna ukuran (3 x 4) cm, dan (4 x 6) cm.

5. Obat-obatan

Jenis obat yang perlu dibawa tentunya berbeda menurut kondisi kesehatan masing-masing pelajar. Masalah kesehatan yang umum dijumpai oleh mahasiswa yang baru tiba di Jepang terkait dengan perbedaan iklim yang bisa mengakibatkan gejala flu, demam, pusing, atau sakit perut. Dengan demikian, obat-obatan untuk mengatasi keluhan-keluhan seperti tersebut menjadi perlengkapan yang sangat disarankan untuk dibawa.

6. Pakaian

Rata-rata temperatur harian di Jepang selain tergantung dari musim, juga berbeda menurut letak geografis. Jepang di wilayah utara (Tokyo, Hokaido) relatif lebih dingin dibanding di wilayah selatan (Osaka, Kyusu). Mahasiswa asing umumnya datang pada awal semester baru (awal musim semi atau musim gugur) dimana suhunya berkisar 10-23C. Hendaknya dipersiapkan jaket atau sweater yang cukup tebal

7. Mata uang Jepang

Disarankan untuk membawa mata uang Jepang (yen) setidaknya 100.000 yen, diluar uang akomodasi ,untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan membayar keperluan administrasi yang berkaitan dengan tempat tinggal (uang deposit, uang kunci).

Link informasi :

1) Panduan belajar di Jepang (Japan Minister of Foreign Affairs) :

Informasi umum untuk calon mahasiswa yang akan datang ke Jepang, sedang belajar di Jepang ataupun alumni. Berisi panduan mengenai cara-cara memilih sekolah, belajar bahasa Jepang, prosedur keimigrasian dll. Di bagian link dapat juga anda temukan link to student centers dari universitas-universitas negeri yang ada di Jepang.

http://www.studyjapan.go.jp/en/toj_stope.html

2) Kedutaan Jepang di Indonesia

Informasi mengenai prosedur keimigrasian, jenis-jenis dan cara pembuatan VISA, informasi beasiswa dari pemerintah Jepang, info umum tentang Jepang.

http://www.id.emb-japan.go.jp/

3) Panduan mahasiswa internasional (JPSS)

Informasi umum untuk mahasiswa asing yang dikemas dengan format sistematis seperti buku panduan.

http://www.jpss.jp/eng/life/index.html

24707 x dibaca πŸ™‚ Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Rumah Internasional Universitas Ehime (kokusai kooryu kaikan, Ehime Daigaku)
Kunjungan Kelas dan Festival Budaya di SD Saijo Jepang
PPI Aidai (Ehime University) dalam lensa 2008
Hati-hati dengan kartu ATM Iyo Bank Jepang
Summer Romadhon 2009 di Matsuyama Jepang
Update segera data PPI dan Kenshusei, sebelum Gempa Jepang datang lagi!
Duka Jepang, Duka sekolahjepang DOT com
Mereka TIDAK MENJARAH saat gempa Jepang terjadi
Wisuda Universitas Ehime: Congratulations!
Kateihoumon: Kunjungan Guru Wali Kelas Jepang ke Rumah Orang Tua Siswa
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian II)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian III)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian IV)
Studi Banding SD Jepang: "Ini SD lho, bukan universitas!"
Penerimaan Siswa SD Jarak Jauh Jepang-Indonesia TA 2013-2014
Pengiriman Barang Pindahan Mahasiswa dari Jepang ke Indonesia. Ini Dia Sejarahnya!
Pengurus Baru Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Bisa Apa dalam 2 Bulan?
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat di Jepang
Apa sajakah persiapan menghadapi ujian S3 di Jepang?
HUT RI ke-68 & Andil Diaspora Indonesia di PPI Jepang
Wawancara LPDP 2016 Mulai Berbahasa Inggris