Kartu KREDIT di Jepang

Cerita ini merupakan hasil pengalaman Bu Heny yang saat ini sedang menimba ilmu di Kobe. Beliau berkenan membaginya di milist dosen UGM (9 Desember 2008 pukul 15.07 WIB). Mengingat sangat pentingย  kemanfaatannya, penulis kembali mengangkatnya di website ini dengan sedikit editing. Selamat menikmati !

“Saya ingin share sedikit tentang pengalaman saya sebagai pengguna kartu kredit di Jepang. Kalau di Indonesia jelas tidak pakai, wong gajinya saja lebih rendah dari UMR Jakarta. Selama ini saya memakai kartu kredit yang khusus untuk pelajar dari Bank Sumitomo (VISA card). Untuk pelajar, kartu kredit ini bebas iuran tahunan dan pada pembayarannya bila penagihan kurang dari 3x tidak akan dikenakan/fee sama sekali. Apalagi bila langsung sekali bayar. Untuk umum, rata-rata kartu kredit hanya mengenakan iuran tahunan 1000 yen. Ini jauh lebih murah dari iuran di Indonesia. Untuk mendaftarkan diri, membutuhkan persyaratan antara lain:

harus sudah tinggal di Jepang selama 6 bulan dan masa tinggal berikutnya masih sekitar 2 tahun. Hal ini berhubungan dengan kontrak kartu kredit yang sekitar 2 tahun. Harus ada penjaminnya, seperti teman, keluarga, atau mungkin senseinya bila berkenan. memiliki rekening di Bank Sumitomo. Dalam hal ini penagihan pembayaran kartu kredit biasanya langsung dari rekening tersebut. Fotokopi identitas (biasanya fotokopi alien registrasi, dapat juga fotokopi pasport atau SIM international). Adapun bukti beasiswa sepertinya tidak diperlukan (?).

Biasanya sekitar 1 minggu setelah mendaftar, kartu akan dikirim ke rumah melalui pos. Ada juga kartu kredit VISA yang dikeluarkan oleh toko buku, seperti KINOKUNIYA. Kalau yang ini prosedurnya mirip seperti yang dari bank, tinggal mengambil brosur pendaftaran di counter dekat kasir dan menyertakan fotokopi bukti diri lalu dikirim melalui pos ke alamat yang tercantum di brosur tersebut. Hanya ada fasilitas tambahan, bila membeli buku dengan kartu kredit ini akan mendapatkan diskon 10%. Sedangkan kartu kredit yang dikeluarkan oleh grup retail, semisal OMC, VISA card, selain kartu kredit memiliki fasilitas discount belanja di toko2 retail mereka setiap bulan, kadang-kadang 2 minggu sekali, memperoleh 5-10% dari total belanja dan ekstra point belanja (2x point biasa, setiap hari tertentu, biasanya Kamis). Untuk mendapatkannya umumnya berada di counter kartu kredit di toko-toko retail yang bersangkutan. Syarat mendaftar seperti kartu kredit bank, yang jelas harus ada penjamin (hosonnin). Adapun untuk penagihan, terdapat 2 caraย  yang dapat dipilih: 1. dikirim lewat pos atau dikirim ke alamat email kita (bisa memilih). 2. membayar lewat pemotongan otomatis dari rekening ataupun bisa juga langsung per penagihan.

Memang sangat memudahkan bila mempunyai kartu kredit kalau di Jepang, bisa untuk membeli buku teks secara online seperti di amazon.com, membayar pulsa telpon internasional seperti VOIP, softbank, dan banyak kegunaan lainnya.

6325 x dibaca ๐Ÿ™‚ Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Agama punya Kitab Suci, Prefecture Jepang punya aturan
Culture Shock malam pertama di Jepang
Kunjungan Kelas dan Festival Budaya di SD Saijo Jepang
Persiapan sekolah dan tinggal di Jepang
Jepang di akhir tahun
Temanku di dunia maya Jepang
Menghafal Huruf Kanji Jepang
ใŠๆญณๆšฎ 'oseibo' dari Keluarga Kuramoto San
Menjadi Sahabat Sekolah Jepang
Anakku masuk SD Jepang, persiapan apa ya?
Buat Kartini Indonesia: "Ibu Jepang dilarang sakit!"
Bahasa Jepang - Bahasa Indonesia (kosakata 1)
Bahasa Jepang - Bahasa Indonesia (kapan/when)
Bahasa Jepang - Bahasa Indonesia (apa, siapa, berapa, mengapa)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian I)
Festival Dougo Mulai Lagi: Festival Pemandian Air Panas Tertua di Pulau Shikoku
Corat Coret Lulus Sekolah ala Jepang vs Indonesia
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian III)
Ramai-Ramai Hamil Muda di Jepang
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat di Jepang
Selamat tinggal Jepang, ๆ—ฅๆœฌใ•ใ‚ˆใ†ใชใ‚‰! Terima kasih semua sahabatku ๐Ÿ™‚ ใ‚ใ‚ŠใŒใจใ†ใ”ใ–ใ„ใพใ—ใŸ