Mensyukuri Indonesia KITA (buah dan sayur)

sayuran jepang mahal selangit
SekolahJepang.com
, Mencoba hidup di negeri tetangga (Jepang -red) saya kira menjadi dambaan setiap orang. Mungkin hanya sekedar menikmati udara segar atau untuk membanting tulang memperoleh upah kerja yang lebih baik. Menambah gelar juga termasuk salah satunya, terutama di negara-negara maju seperti USA, Inggris, Jerman, Australia, Jepang dan Belanda. Setelah hari silih berganti, hitungan bulan terus bertambah, apa hendak di kata, ternyata hidup di negeri orang tidak selalu indah seperti diangan-angan. “Mensyukuri Indonesia kita“, tiba-tiba muncul di benak ini. Bentangan laut Indonesia yang begitu luas, hutan dan lahan pertanian yang sangat subur, tongkat dilemparpun akan jadi tanaman. Alhasil, Indonesia kita punya ikan, sayur dan buah banyak ragamnya, murah harganya, dan mudah dijumpai.

Coba bandingkan dengan negeri sakura, Jepang ini. Deretan harga sayur mayur Jepang dan buah Jepang jauh meninggalkan harga di Indonesia kita. Dua kali lipat, 8x, 10x, bahkan lebih dari itu. Satu mangga di Fuji Suupa, sebuah supermarket Jepang dengan harga menengah, dibandrol 200 Yen atau sekitar Rp 20.000. Ini hanya satu buah saja, bukan 1 tas kresek di Indonesia kita.ย  Belum lagi 1 ikat kangkung yang biasa Rp 1.000,- di Jepang sini ditawarkan mulai 99 Yen atau sekitar Rp 9.900,-. Satu tongkol jagung 128 Yen. Gorengan ubi jalar yang biasa kita cuekin dalam arisan atau rapat RT, karena saking melimpah dan mudahnya disajikan di meja kita, di Jepang sini dipatok mulai 75 Yen atau Rp 7.500,- per satu lembar gorengan ubi jalar. Tipis dan kecil, terbalut tepung yang telah digoreng.

Hm … memang tidak selalu indah hidup di negeri orang, termasuk Jepang. Dan hidup di Indonesia kita, sepatutnya disyukuri. (melihat foto lainnya)

Penulis:ย Atus Syahbudin

7853 x dibaca ๐Ÿ™‚ Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Atus dan Sakura: saat awal menapak Jepang
Culture Shock malam pertama di Jepang
Bersepeda di Matsuyama Jepang
Kota Matsuyama: hijau dalam pelukan bukit Pulau Shikoku Jepang
Hutan Shikoku di Taman Nasional Ashizuriuwakai Jepang
HEMAT sea food di Matsuyama
bawa MAKANAN Indonesia
Berat Jepang= makanan + suhu + Y + X + ?
Petik jeruk Jepang di Muchachaen
ใŠๆญณๆšฎ 'oseibo' dari Keluarga Kuramoto San
Anakku masuk SD Jepang, persiapan apa ya?
Bahaya kafun: alergi serbuk sari (polen) pohon sugi Jepang (่Šฑ็ฒ‰็—‡)
Budaya dan Perubahan Iklim: Festival Mekarnya Bunga Sakura dan Pengetahuan dan Sikap Para Pemangku K...
Angket Sakura: Adakah Bunga Sakura Tandingan dari Indonesia?
Dingin Pamitan Sambut Jepang Full Mentari
Ini Dia 6 Bunga Indah Indonesia Penantang Bunga Sakura (Hasil Sementara)
Jamus Photo Contest 2016