Ini dia TIP-TIP menghadapi PLT Nuklir Jepang saat meledak

Sabtu/12 Maret 2011, pukul 15.30 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima 1 meledak. Radius wilayah bahaya yang awalnya 3 km ditingkatkan menjadi 10 km. Menurut siaran TV NHK, pukul 19.00 radius bahaya  PLTN bertambah menjadi 20 km. Hm, saya jadi teringat radius awan panas wedus gembel Gunung Merapi 🙂 Nah, bila ada kemungkinan material radiasi PLTN berterbangan ke luar dari reaktor, maka sebaiknya Sahabat bersiap-siap seperti beberapa TIP yang diberikan Sdr. Rustam (PPI Todai) pada minggu pagi ini (09:59):

Sebaiknya Sahabat mengurangi keluar rumah atau tempat perlindungan. Namun apabila terpaksa keluar juga, sebaiknya Sahabat agar:

a. Memakai pakaian yang rapat menutup seluruh badan.
b.
Memakai masker (masker orang pilek sudah cukup membantu, kalau bisa ditambah sapu tangan di antaranya).
c.
Memakai payung dan/atau baju hujan bila turun hujan atau salju, karena hujan dan salju akan menurunkan material-material dari angkasa ke darat dan bisa menimpa Sahabat.
d. Sebisanya melihat arah angin. Hindari keluar rumah ketika arah angin dari reaktor ke arah kita.
e. TETAP TENAAAANG 🙂

Ketika pulang ke rumah lagi:
a. Cuci tangan (terutama sebelum makan). Kalau bisa wajah atau bagian yang terbuka ketika diluar rumah.
b. Sebaiknya baju dan payung dari luar dipisahkan dari yang lainnya. Bila memungkinkan taruh peralatan tersebut di kamar khusus atau masukkan dalam plastik.
c. Tutup jendela dan lobang yang bisa ditutup agar udara luar tidak banyak masuk ke rumah , tapi jangan sampai kekurangan oksigen lho 🙂
d. Sebisanya tidak menggunakan fan udara, AC atau alat penukar udara luar ke dalam rumah.
e. Usahakan tetap memakai masker.

Jangan lupa mencari berita keadaan terkini dan berita prediksi ke depan: dari TV, Radio ataupun internet (TV atau radio lebih cepat beritanya, internet kadang macet). Sebaiknya mengikuti siaran TV NHK, karena lebih cepat dan mengutamakan yang penting pada saat itu. Asahi TV juga lumayan bagus 🙂

437 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :