Selamat bersenang-senang di kelas I SD Jepang!

Ulin sekolah di SD Yuzuki Jepang kelas I 8 April 2010 untuk sekolah jepang

Ulin ichi nen sei SD Yuzuki 8 April 2010

Omedetou! Selamat bersenang-senang Ulin di sekolah,” tulis Mama Eiko, teman Jepang kami tahun lalu di wall FB. Hm … selamat bersenang-senang? Yang benar aja, bukankah anak-anak akan belajar dan sekolah (di SD Jepang)? Pesan inilah menjadi salah satu hal yang membekas sejak 2010 lalu. Kini setelah hampir setahun berlalu, akhirnya kami merasakan dan melihat sendiri berbagai kegiatan bersenang-senang di SD Yuzuki Jepang.

Sahabat sekolah Jepang, tidak terasa, besok Jumat/8 April 2011 (tanggal yang sama dengan tahun lalu) anak ketiga kami, Odhin, dan beberapa teman mainnya, seperti: Akbar, Rasidah , Alifa dan Yuna chan, akan menyusul kakak-kakaknya di kelas I SD Jepang.Β  “Ichi nen sei ….., doki doki … (lagu wajib ichi nen sei)

Nah, sekarang apa saja ya yang harus dibawa di hari pertama SD Jepang? Bisa jadi berbeda antara satu sekolah dengan yang lainnya, tapi biasanya Jepang menyukai keseragaman. Sangat mungkin hal ini akan sama di seluruh Jepang (maksa mode on πŸ˜€ -red).Β  Ssst … kalau memang beda tolong beritahu kami ya di kolom komentar πŸ™‚


1. Baju sekolah Jepang

Di Matsuyama (Jepang), sejauh yang saya lihat selama visiting class,Β  ada sekolah yang mengharuskan memakai seragam SD, ada juga yang bebas, tidak berseragam. Di tempat lain bahkan sah-sah saja memakai seragam TK Jepang-nya. Kalau di SD Yuzuki, sekolah mengharuskan para siswa berseragam. Nah, spesial di hari pertama, jangan lupa untuk mengenakan pakaian berikut ini: a. Hem putih dan celana pendek/rok biru tua (lihat gambar di atas); b. Jas biru tua; c.Β  Kaos kaki, sebaiknya yang berwarna putih guna kepentingan foto bersama.

2. Tas sekolah

Buku-buku bacaan Jepang dan materi penunjang kegiatan di sekolah Jepang akan banyak diberikan di hari pertama sekolah oleh wali kelas sesudah upacara penerimaan berlangsung. Tentunya perlu tas sekolah dan tas tambahan lainnya. Orang tua diperbolehkan membantu siswa kelas I membawa pulang semua yang akan dibagikan.

3. Sepatu sekolah dan uwagutsu (sepatu dalam kelas)

Jelas dhong …. masak sekolah tidak memakai sepatu. Maksudnya begini Sahabat, semuanya biar jelas. Hari pertama dalam segala hal seringkali menyisakan banyak pertanyaan dan kekhawatiran, apalagi di Jepang yang beda budaya, sehingga kita takut bertindak, terlalu berhati-hati. Bahkan untuk hal yang sepele sekalipun, seperti warna sepatu, bentuk tas, dll πŸ™‚ Untuk berangkat ke SD Jepang boleh memakai sepatu sekolah apa saja selama dalam perjalanan menuju sekolah. Yang penting uwagutsu atau sepatu dalam kelas-nya jangan lupa dibawa ya. Uwagutsu inilah yang akan dipakai selama di dalam kelas dan di dalam hall ketika upacara penyambutan kelas I SD Jepang.

4. Topi sekolah

Topi sekolah akan dipakai selama perjalanan menuju ke sekolah. Warna dan bentuknya bebas. Bagi orang Jepang biasanya akan memakai topi sekolah berwarna kuning yang banyak di jual di supermarket Jepang.Β  Harganya 1000 yen. Hehehe, kurang lebih setara dengan 5 kg beras πŸ™‚ Namanya saja jer basuki mowo beo.

5. Formulir sekolah Jepang

Hm … formulir yang mana ya?Β  Saat datang pertama kali, sebelum masuk ruang kelas, di depan kelas akan ada meja administrasi. Ada guru wali kelas dan para siswa yang bertugas mengumpulkan formulir sekolah Jepang dan memasangkan papan nama siswa di jas sekolah. Formulir vaksin sudah dikumpulkan belum? Formulir tentang biodata siswa dan formulir rekening bank apa juga sudah? Formulir lainnya bagaimana? Kalau bingung kami menyarankan membawa semua formulir yang pernah dibagikan atau dikirimkan oleh sekolah atau pemkot ke apartemen kita. Terpaksanya juga belum dikumpulkan, berdasarkan pengalaman selama ini, guru SD Jepang akan sabar menunggu, bahkan jemput bola ke apartemen terkait berkas-berkas yang belum lengkap.

Yang terakhir: besok Jumat pagi siswa baru kelas I bersama orang tuanya (Bapak dan Ibu) silahkan berangkat ke SD Yuzuki. Pukul 09.30-09.50 waktu Matsuyama merupakan waktu di meja administrasi di depan kelas. Setelah itu upacara penerimaan siswa kelas I SD Jepang akan dimulai. Sekali lagi omedetou gozaimasu!

Ini dia kegiatan hari pertama SD Jepang

Penulis:

atus syahbudin dosen kehutanan ugm, sekolah di jepang, mahasiswa universitas ehimeAtus Syahbudin, seorang pembelajar yang ingin ‘esok harus lebih baik’; senang berkebun dan berinteraksi πŸ™‚ dengan berbagai logo you tube sekolah di jepangtwitter_logo sekolah jepang atus syahbudin facebook-logo FBkomunitas. Semoga Sahabat berkenan silaturohim >

15303 x dibaca πŸ™‚ Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Persiapan sekolah dan tinggal di Jepang
Ramai-Ramai Tanpa Busana di Onsen. Berhati-hatilah!
Kartu KREDIT di Jepang
A Trip Going to Dutch
Bahaya kafun: alergi serbuk sari (polen) pohon sugi Jepang (θŠ±η²‰η—‡)
Buat Kartini Indonesia: "Ibu Jepang dilarang sakit!"
Bahasa Jepang - Bahasa Indonesia (kosakata 1)
Seto Ohashi 8 Mei 2011
Pantai Tokushima
Pesta Kembang Api (hanabi) Mitsuhama 2011 (8)
Pesta Kembang Api (hanabi) Mitsuhama 2011 (7)
Pesta Kembang Api (HANABI) Mitsuhama 2011
Pertokoan Dogo Matsuyama
Kamar Ozu Youth House
Onsen Tangan dan Kaki di Matsuyama. Gratis 100%!
Tarik tambang SD Jepang
Yel-yel Undokai (class meeting) Jepang
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian II)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian IV)
Penerimaan Siswa SD Jarak Jauh Jepang-Indonesia TA 2013-2014
Pengurus Baru Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Bisa Apa dalam 2 Bulan?