Menu Close

Ini dia alasan tepat ikut ichiji-hoiku (一時保育/temporary day care)

TK Jepang Hoikuen Dougo MatsuyamaApakah Sahabat seorang Ibu yang akan memasukan putra/putrinya ke hoikuen (保育 园) dengan sistem ichiji-hoiku (一時保育)? Kalau iya, bersiaplah dengan persyaratan dan wawancara mereka. Sebaiknya pergilah untuk melihat-lihat terlebih dahulu dengan membuat janji dengan kepala sekolahnya. Putra/putri pun boleh dibawa ke sana.    

Di awal, Sahabat akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi ichiji-hoiku. Persiapkan juga buku ibu-anak/bositechou (母子 手 帐), kartu asuransi kesehatan, inkan, dan alien card. Mereka pun akan meminta Sahabat memberikan data penghasilan selama ini, semisal besarnya gaji baik di Jepang dan di Indonesia. Data ini akan sangat mempengaruhi besarnya biaya yang harus kita bayar saat kita mengikuti ichiji-hoiku. Bisa 1500 yen/hari, 400 yen/hari atau lainnya. Urutan putra/putri Sahabat juga akan menentukan hasil akhir pembiayaan.

Adapun saat wawancara, Sahabat akan ditanya dengan salah satu pertanyaan seperti ini:

“Apakah alasan Sahabat memasukan putra/putri ke ichiji-hoiku (一時保育)?”

Misal : “Anak saya ingin sekolah; anak saya sudah bosan main di rumah.” 

Berhati-hatilah dengan jawaban Sahabat, karena sistem ichiji-hoiku (一時保育/temporary day care) di Jepang didesain khusus. Sistem ichiji-hoiku (一時保育) diperuntukkan bagi ibu yang memiliki pekerjaan paruh waktu, menderita penyakit, atau ingin memiliki waktu refreshing. Jadi, yang manakah yang cocok dengan alasan Sahabat? Jika Sahabat tidak bekerja di Jepang, tidak pula sedang sakit, Jawablah saja:

“Saya Ibu yang ingin sementara waktu bersantai tanpa anak :)”

Selamat mencoba!

NB: Hoikuen tersedia untuk anak usia 0 ~ 5.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

ようこそ, dapatkan artikel terbaru:

Terima kasih, selamat bergabung. Salam hormat kami, Atus Syahbudin & admin bersama SekolahJepang.com

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers