Ini Dia 6 Bunga Indah Indonesia Penantang Bunga Sakura (Hasil Sementara)

Angket Sakura vs bunga Indonesia Sekolah Jepang 2013

Angket Persepsi tentang Bunga Sakura

SekolahJepang.com, Luar biasa! Antusias sekali sambutan dari pembaca yang budiman dan para Sahabat Sekolah Jepang terhadap angket bunga sakura. Dua hari kemarin, lebih dari 14.000 klik mendarat pada “Angket Sakura: Adakah Bunga Sakura Tandingan dari Indonesia?“. Untuk itu, apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih tidak lupa kami haturkan, arigatou gozaimasu.

Tingginya perhatian ini bisa jadi pertanda bahwa semangat menemukan bunga indah Indonesia yang sebanding, bahkan melebihi, bunga sakura juga amatlah besar. Mari kita simak hasil sementara angket sakura berikut ini:

Ternyata setelah 4 kali melihat secara langsung bunga sakura, responden —yang memiliki pengalaman dengan bunga indah Indonesia— memberikan nilai 7,5 kepada bunga sakura.  


Lalu apakah bunga indah Indonesia yang direkomendasikan oleh para responden. Inilah dia 6 bunga penantang bunga sakura:



1. Bunga anggrek

2. Bunga melati

3. Bunga mawar

4. Bunga kamboja

5. Bunga raflesia

6. Bunga bugenvil/kembang kertas

Di belakangnya masih ada bunga: bungur, puspa, kemuning, ceri, lilin, edelwis, wijaya kusuma, lili putih, kantung semar, cempaka putih, kembang sepatu, flamboyan, dll. Ada juga yang mengusulkan jacaranda yang asli Brazil (gambar nampak dalam galeri foto, berbunga ungu).

Menariknya beberapa responden mengaku benar-benar takjub dengan bunga sakura dan tidak mengetahui bunga indah Indonesia yang dapat membandinginya. Sebagian lagi, tidak memiliki ide atau belum mengenal bunga indah Indonesia yang mampu menandingi bunga sakura. 

Bagaimanakah pendapat Sahabat dengan hasil sementara ini? Yuk, tuliskan komentarnya di bawah artikel ini. Bagi yang belum mengisi angket, apabila Sahabat adalah orang Indonesia dan pernah melihat bunga sakura secara langsung, cobalah meluangkan 1-3 menit untuk mengisi angket sakura berikut ini

Hanami PPI Ehime University Barbeque di Ishite River Matsu

Hanami PPI Ehime University di Ishite River Matsuyama

Nampaknya, masih panjang jalan berliku untuk mewujudkan tradisi yang mirip “tradisi bunga sakura” di negeri Indonesia. Perlu kerja keras dan kerja sama dari para ahli agar bunga indah Indonesia lebih terjangkau dan memasyarakat. Dekat di hati dan membuat bangga negeri Indonesia. Nantikan di lain waktu ya hasil selengkapnya dari angket sakura 2013. 

Penulis: Atus Syahbudin

298844 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :