2 Cara Jitu Menjalin Hubungan Sekolah Jepang dan Sekolah Indonesia

Provinsi kembar Sulsel Ehime sister province

Kunjungan Gubernur Sulsel ke Ehime dalam rangka menuju Provinsi Kembar

Jalinan kerja sama antara sekolah Indonesia dan sekolah Jepang dapat dibangun minimal dengan 2 cara ini: 1) Melalui MoU (Memorandum of Understanding) sebagai kota kembar (sister city) atau provinsi kembar (sister province) atau 2) Melalui relasi pertemanan WNI yang tinggal di dekat sekolah atau kota yang ingin dituju. 

Kerja sama atau kunjungan sekolah Indonesia ke sekolah Jepang dengan cara yang pertama dilakukan dengan menggunakan jalur formal (baca: pemerintahan). Provinsi kembar Yogyakarta dan Kyoto adalah salah satu contohnya. Saat ini Sulsel dan Ehime pun sedang saling menjajaginya (baca selengkapnya di sini). Berdasarkan MoU tersebut sekolah Indonesia di kota atau provinsi dapat dengan mudah bekerja sama atau mengunjungi sekolah Jepang di saudara kembarnya.

Secara teknis:

Langkah pertama: kota atau provinsi di Indonesia supaya mengirimkan surat permohonan terlebih dahulu kepada walikota atau gubernur saudara kembarnya dengan menyebutkan keperluan, nama sekolah yang ingin dituju apabila telah mengetahuinya, waktu, dan jadwal kegiatan selama kunjungan (semakin rinci semakin baik, semisal: jumlah orang yang akan hadir, alamat tempat menginap, dll.).    

Langkah kedua: setelah menerima surat permohonan dan mengkomunikasikannya dengan sekolah yang hendak dituju, pihak kota atau provinsi di Jepang akan memberikan informasi selanjutnya. Demikian seterusnya. Perlu diingat bahwa surat penerimaan kunjungan di Jepang akan berguna guna pengurusan visa di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Sahabat ingin cara lain untuk menjalin hubungan antara sekolah Indonesia dan sekolah Jepang? Cara kedua, yakni melalui relasi pertemanan WNI yang tinggal di dekat sekolah atau kota yang ingin dituju bisa menjadi alternatif. Ya betul:

Langkah pertama adalah Sahabat harus memiliki kontak dengan WNI yang tinggal di Jepang yang dapat membantu mengakses sekolah yang dituju. WNI tersebut antara lain mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (silahkan mendapatkan kontak PPI di setiap kota/provinsi di Jepang via website PPI Jepang atau milis PPI Jepang), para pekerja magang (kenshusei) dan perawat (kangoshi), WNI yang menikah dengan orang Jepang, pejabat KJRI Osaka atau KBRI Tokyo dan lain-lain.   

Langkah kedua: menyampaikan informasi detail mengenai kerja sama atau kunjungan tersebut kepada kontak yang berada di Jepang. Perlu digarisbawahi mengingat cara kedua ini bersifat informal tentu sangat tergantung pada kedekatan Sahabat dengan kontak tersebut, Juga waktu luang, jaringan dan kemampuan bahasa kontak tersebut. Pilihan menjalin kontak dengan PPI bisa jadi menjadi alternatif terbaik.

Apabila kunjungan tersebut bersifat individu, sebenarnya tersedia banyak program berbeasiswa yang dikelola baik oleh pemerintah Jepang (semisal: MEXT, JASSO, JENESYS, dll.) maupun swasta. Sahabat pun bisa memanfaatkan cara ini. 

Demikian, selamat mencoba Sahabat 🙂


Penulis: Atus Syahbudin

16079 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Kunjungan Kelas dan Festival Budaya di SD Saijo Jepang
Persiapan sekolah dan tinggal di Jepang
Bagaimana memberikan presentasi yang baik dan efektif?
A Trip Going to Dutch
Mereka TIDAK MENJARAH saat gempa Jepang terjadi
Selamat bersenang-senang di kelas I SD Jepang!
Beasiswa Jepang (MONBUKAGAKUSHO) 2012 untuk Lulusan SLTA
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian I)
Ini dia alasan tepat ikut ichiji-hoiku (一時保育/temporary day care)
Mengapa & bagaimana perayaan kelulusan SD Jepang?
Kateihoumon: Kunjungan Guru Wali Kelas Jepang ke Rumah Orang Tua Siswa
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian II)
Studi Banding SD Jepang: "Ini SD lho, bukan universitas!"
Penerimaan Siswa SD Jarak Jauh Jepang-Indonesia TA 2013-2014
Pengiriman Barang Pindahan Mahasiswa dari Jepang ke Indonesia. Ini Dia Sejarahnya!
Beasiswa Sekolah S2-S3 Jepang via LPDP Depkeu-Kemdikbud-Depag untuk Umum Sepanjang Tahun
Download Pedoman Beasiswa Pendidikan Luar Negeri S2-S3 DIKTI KEMDIKNAS
Apa sajakah persiapan menghadapi ujian S3 di Jepang?
Mau Tahu Rasanya Ujian Doktor (S3) di Jepang?
HUT RI ke-68 & Andil Diaspora Indonesia di PPI Jepang
Wawancara LPDP 2016 Mulai Berbahasa Inggris