Pengiriman Barang Pindahan Mahasiswa dari Jepang ke Indonesia. Ini Dia Sejarahnya!

pengiriman barang pindahan PPI Jepang ke Indonesia kami gumi ltd


Pengiriman barang pindahan mahasiswa dari Jepang ke Indonesia mengalami pasang surut ditempa ujian. 
Ketika kami berada di KJRI Kobe (sekarang KJRI Osaka) kami sedikit banyak mengetahui tentang kesulitan yang dihadapi teman-teman yang sedang tugas belajar dan mahasiswa dalam mengirim barang-barang pindahan ke Indonesia. Apabila dikirim secara perorangan, selain ongkosnya sangat mahal, urusannya juga tidak mudah dan harus datang sendiri untuk mengurusnya ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Akhirnya, tercetuslah gagasan bagaimana kalau barang-barang tersebut dikirim secara kolektif menggunakan kontainer, artinya dari sekian banyak Pemilik dalam kontainer diatasnamakan 1–2 orang saja.

Gagasan pengiriman barang pindahan mahasiswa yang penuh makna tersebut disambut positif oleh para teman-teman yang sedang tugas belajar, mahasiswa dan PPI Korda Kansai. Dalam menindaklanjuti gagasan ini kami membicarakannya kemudian dengan seorang teman yang memimpin sebuah Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) di Kobe. Pembicaraan memberikan hasil yang sangat mengembirakan sebagaimana yang kita harapkan. Di pihak Indonesia seorang teman kami, yang berpengalaman di bidang ini siap pula mengurus penanganannya sejak proses pengeluaran barang-barang di Tanjung Priok hingga mengantarnya ke rumah para Pemilik di beberapa kota.

Pada paruh kedua akhir tahun 80-an mulai dilakukan pengiriman pertama barang-barang pindahan, khususnya milik teman-teman yang berdomisili di Kansai dan sekitarnya. Tahun pertama, kedua, ketiga dan seterusnya dalam setiap periode Maret/April kegiatan pengiriman barang-barang berjalan lancar. Peran kami dalam kegiatan ini terbatas hanya pada pengarahan atau saran dan mengawasi kelancarannya.

Gempa bumi besar yang melanda Kobe dan sekitarnya pada tahun 1995 menyebabkan perusahaan teman kami berpindah kantor dengan fasilitas gudang yang tidak memadai. Pergantian pimpinan perusahaan juga terjadi kemudian, sehingga tidak memungkinkan lagi kami meneruskan menggunakan jasa perusahaan ini. Pantang putus asa, kami pun mencoba menjalin kerjasama dengan teman akrab kami, Mr Y. Yoneda, Pimpinan Kami Gumi Co. Ltd Kobe. Alhamdulillah, Mr Y. Yoneda bersedia membantu dan meneruskan kegiatan yang telah berjalan tersebut. Di tahun yang sama kondisi kesehatan kami, khususnya indera penglihatan, tidak memungkinkan untuk bekerja secara normal. Untuk itu, pada akhir April 1995 kami mengundurkan diri dari KJRI Kobe dan kembali ke Indonesia. Sekembalinya di tanah air banyak waktu luang yang dapat kami manfaatkan guna pengawasan kelancaran kegiatan jasa pelayanan ini dan berbagi pengalaman dengan teman yang menanganinya di Jakarta. Pada tahun 1998 Tuhan YME begitu cepat memanggil teman kami pulang ke Rahmatullah. Bagai di persimpangan jalan, jadilah momentum penting ini sebagai titik penentuan kelanjutan kegiatan kami. Jika dihentikan tentu kesulitan pengiriman barang kembali pada masa-masa sebelum paruh kedua tahun 80-an. Atas permintaan teman-teman dan dukungan Kami Gumi Co. Ltd agar kegiatan pengiriman tetap diteruskan, maka kami memberanikan diri untuk menangganinya.

Semenjak itulah (tahun 1999) kami terlibat penuh dalam penanganan pengiriman barang-barang pindahanPada tahun 2000 kami pun membuka pelayanan untuk daerah Kanto dan sekitarnya melalui Pelabuhan Yokohama, Jepang Tengah melalui Pelabuhan Nagoya, dan Jepang Selatan melalui Pelabuhan Moji di Fukuoka. Sejak tahun 2001 kami meningkatkan pelayanan menjadi dua kali setahun, yaitu periode Maret/April dan periode September/Oktober yang hingga kini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang berarti. Kesemuanya itu berkat pertolongan Tuhan YME. Tentunya juga tidak sedikit bantuan dan kerjasama yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu/Saudara dan pihak-pihak terkait lainnya.

Jasa pengiriman kami ini juga dapat dipergunakan sebagai sarana menyalurkan sumbangan. Dengan potongan ongkos 50%, kami pernah mengirimkan barang-barang sumbangan untuk korban Tsunami Aceh, Gempa Yogyakarta – Jawa Tengah, Gempa Pantai Pangandaran – Jawa Barat, bencana banjir DKI, Panti Asuhan Yatim Piatu, dll.. Begitu pula buku-buku sumbangan dikirimkan untuk beberapa universitas di Indonesia. Sejak  Maret/April 2007 hingga September–Oktober 2012 kami telah mengumpulkan sedekah & infaq lebih dari Rp 214 juta dari muslimin Indonesia di Jepang guna pembangunan Masjid Jami Al Marzuqiyah di Cipinang Muara Jakarta Timur.

Kini para pengguna jasa kami yang telah kembali ke tanah air dan banyak yang menempati posisi penting di instasi pemerintahan dan korporasi, guru besar dan pimpinan di berbagi perguruan tinggi negeri maupun swasta, serta diplomat pada beberapa perwakilan RI di luar negeri .

Oleh karena itu demi kelanggengannya, marilah kita patuhi segala aturan main dan prosedurnya. Jangan nodai dengan melakukan perbuatan yang tidak bertanggungjawab. Semoga jasa ini bermanfaat juga bagi saudara-saudara kita generasi selanjutnya.

Sumber: Bapak Ruswan dari formulir informasi No. 010913

68272 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Kunjungan Kelas dan Festival Budaya di SD Saijo Jepang
Persiapan sekolah dan tinggal di Jepang
Bagaimana memberikan presentasi yang baik dan efektif?
Anakku masuk SD Jepang, persiapan apa ya?
Mereka TIDAK MENJARAH saat gempa Jepang terjadi
Ini dia kegiatan hari pertama kelas I SD Jepang
Beasiswa Jepang (MONBUKAGAKUSHO) 2012 untuk Lulusan SLTA
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian I)
Mengapa & bagaimana perayaan kelulusan SD Jepang?
Corat Coret Lulus Sekolah ala Jepang vs Indonesia
Kateihoumon: Kunjungan Guru Wali Kelas Jepang ke Rumah Orang Tua Siswa
Penerimaan Siswa SD Jarak Jauh Jepang-Indonesia TA 2013-2014
2 Cara Jitu Menjalin Hubungan Sekolah Jepang dan Sekolah Indonesia
Beasiswa Sekolah S2-S3 Jepang via LPDP Depkeu-Kemdikbud-Depag untuk Umum Sepanjang Tahun
Download Pedoman Beasiswa Pendidikan Luar Negeri S2-S3 DIKTI KEMDIKNAS
Pengurus Baru Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Bisa Apa dalam 2 Bulan?
Apa sajakah persiapan menghadapi ujian S3 di Jepang?
Mau Tahu Rasanya Ujian Doktor (S3) di Jepang?
HUT RI ke-68 & Andil Diaspora Indonesia di PPI Jepang
Wawancara LPDP 2016 Mulai Berbahasa Inggris
BELAJAR ZONASI PSB DI JEPANG