Selamat tinggal Jepang, 日本さようなら! Terima kasih semua sahabatku :) ありがとうございました

Sahabat Jepang selamat tinggalSekolahJepang.com, Begitu berat rasanya meninggalkan Jepang, negeri nan penuh kenangan indah dan berjuta pengalaman berharga. Tidak hanya bagi saya, namun juga semua anak-anak.  

Bahasa Jepang dan menariknya proses pembelajaran di TK/SD Jepang merupakan 2 hal terberat yang sulit dilupakan. Selain tentunya para Sahabat Jepang dan Indonesia yang saling peduli dan tolong menolong.

Berbagai acara perpisahan yang digelar secara sambung bersambung dalam 2 minggu belakangan ini; belum lagi 2 video kenangan buatan Mama Eiko dan Namiko San, plus puluhan kartu ucapan perpisahan Jepang dan foto-foto kenangan selama berada di Jepang membuat kami terdiam dalam linangan air mata kesyukuran, اَلْحَمْدُلِلّهِ. Semua ini karena-Nya. Dialah yang telah memaksa saya dan anak-anak hadir di sini dan menggadaikan pekerjaan di Indonesia, اَلْحَمْدُلِلّهِ.

Dear para Sahabat dan poro sedulur yang kami cintai,

Akhirnya waktu jualah yang memaksa kita  berpisah, sebab waktu pulalah yang telah menghantarkan dan menemani kami hidup di Jepang. Namun perpisahan ini bukanlah akhir segalanya. Walau sejujurnya, kepulangan ini bagai kematian yang menjemput raga. Hikmah-Nya bertebaran di mana-mana hingga relung waktu yang terus berjalan bersama kita. Sekali lagi, perpisahan ini bukanlah akhir segalanya Sahabat

Singgahlah di gubug kami barang sejenak, kalau ada waktu mampir di Yogyakarta. Mari bercengkrama (lagi) mengenang foto-foto kita bersama; atau sambil tertawa melihat hal-hal lucu dalam video kita. Perpisahan ini bukanlah akhir segalanya Sahabat.  

Terima kasih atas semua perhatian, didikan, bantuan, dan kerja samanya yang begitu indah selama ini 🙂 Ingin rasanya terus mengenangnya dan membawanya pulang ke Yogyakarta. Membagikannya kepada adik-adik kita 🙂

Maafkan kami atas semua salah dan khilaf atas keteledoran saya dan anak-anak; atas ketidaktanggapan terhadap budaya Jepang yang begitu halus. Juga atas kurangnya empati kepada para tetangga Karora Haitsu, kepada semua anggota PPI Jepang wabil khusus PPI Ehime, dan poro sedulur yang telah banyak membantu dan menumpahkan perhatian kepada kami.

Goresan ini pastilah jauh panggang dari api tentang apa yang sedang kami rasakan dan ingin kami ungkapkan. Tetapi percayalah bahwa Sahabat sangatlah penting dan berharga di sisi kami, 

ありがとうございました, جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْرً.


Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami haturkan, teriring doa: “Semoga Allah SWT memberikan balasan yang lebih baik di sisi-Nya 🙂 aamiin”

Selamat tinggal Jepang, 日本さようなら! إن شاء الله kami kan kembali lagi.

84400 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :

Culture Shock malam pertama di Jepang
Kunjungan Kelas dan Festival Budaya di SD Saijo Jepang
Mensyukuri Indonesia kita (menetapi ibadah)
Ramai-Ramai Tanpa Busana di Onsen. Berhati-hatilah!
Jepang di akhir tahun
Temanku di dunia maya Jepang
Idul Fitri 1430 H
お歳暮 'oseibo' dari Keluarga Kuramoto San
Menjadi Sahabat Sekolah Jepang
Anakku masuk SD Jepang, persiapan apa ya?
Buat Kartini Indonesia: "Ibu Jepang dilarang sakit!"
Bahasa Jepang - Bahasa Indonesia (apa, siapa, berapa, mengapa)
Bahasa Jepang - Bahasa Indonesia (mana, dimana)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian I)
Corat Coret Lulus Sekolah ala Jepang vs Indonesia
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian II)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian III)
Bagus mana pendidikan Jepang atau Finlandia? (Bagian IV)
Ramai-Ramai Hamil Muda di Jepang
Bantuan Langsung Sementara Masyarakat di Jepang
Mahasiswa Pilihan, Tak Sesat Kuliah Asalkan ...