BEASISWA LPDP JALAN TOL JADI DOSEN, SIAPKAH?

Beasiswa LPDP Sekolah Kuliah Gratis S2-S3 Jepang via Depkeu-Kemdikbud-Depag untuk UmumTo be a lecturer ! Setelah selesai S2 saya ingin menjadi dosen,” jawabnya singkat. Kalimat itulah yang banyak saya dengarkan selama proses seleksi wawancara beasiswa LPDP Mei 2016 ini. Saya pikir wajar memang bila gelar S2 akan membukakan jalan lapang menjadi dosen.

Sayangnya sesi pertanyaan belumlah berakhir. Pertanyaan pembuka biasanya terlalu mudah untuk dijawab. Bisa dengan kalimat yang normatif atau teroritis yang kebanyakan orang sepakat atau umumnya menginginkan hal tersebut: “Saya akan menjadi dosen”. Iya, sebagian besar orang tentu menginginkannya apalagi setelah tamat S2.

Masalahnya adalah selalu yang paling siaplah yang akan dipilih. Namun gradasi selalu dijumpai: well prepared, cukup siap, setengah siap, atau belum siap sama sekali. Subyektif dalam memilih mungkin akan mudah terjadi. Untuk itu lakukanlah capaian terbaik dengan membaca, menentukan, mendekati dan merasakan menjadi dosen.

1. Bacalah persyaratan terbaru untuk menjadi dosen. Pahami betul dan penuhilah satu per satu.

2. Tentukanlah perguruan tinggi yang diinginkan. Jangan lupa siapkan juga segudang alasan mengapa Sahabat memilihnya. “Dosen di dimana?” adalah pertanyaan yang biasanya akan mengejar. “Dimanapun saya siap menerimanya” bukanlah jawaban yang bijak karena mengisyaratkan Sahabat belum bercita-cita untuk menjadi dosen dan melangkah sedikit demi sedikit menggapainya.

3. Lakukanlah pendekatan kepada pihak-pihak terkait untuk memperbesar peluang.

4. Rasakanlah sensasinya menjadi dosen. Apakah pernah merasakan beratnya menjadi CoAs?

Sekali lagi, selalu yang paling siaplah yang akan dipilih oleh LPDP dan kalimat normatif atau teroritis bukanlah jawaban yang diharapkan. Akhirnya, bersiaplah juga dengan pertanyaan bagaimana kalau tidak tersedia lowongan dosen atau tidak diterima menjadi dosen?

145 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :