Wuih Keren: Wawancara Beasiswa LPDP Makin Komprehensif

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Departemen Keuangan kembali menggelar sesi wawancara untuk menjaring calon penerima beasiswa LPDP sejumlah 2.000 orang selama 2017. Jumlah ini jauh dari penerimaan tahun 2016 yang meloloskan hampir 7.000 penerima beasiswa LPDP. Dari 2.000 calon penerima beasiswa LPDP akan dibagi menjadi prioritas dalam negeri sebesar 60% dan sisanya untuk tujuan sekolah di luar negeri.  Pada April 2017 lalu pendaftaran beasiswa LPDP telah dimulai dan kini memasuki periode seleksi Mei-Juni 2017. Adapun waktu pendaftaran beasiswa LPDP untuk studi lanjut di luar negeri akan ditutup antara Juli-Agustus 2017 dengan waktu seleksi antara Agustus dan September 2017. Hal ini tergantung dari kesiapan pihak LPDP. Informasi menarik lainnya dari LPDP adalah bahwa calon penerima beasiswa thesis dan disertasi LPDP tidak diwawancarai sebagaimana tahun 2016. Kini LPDP sedang menggodok cara paling efektif untuk menilai thesis dan disertasi yang patut dibiayai oleh LPDP.

Sahabat Sekolah Jepang, ada yang berbeda pada beasiswa LPDP 2017 bagi kandidat calon penerima beasiswa LPDP, yakni adanya seleksi melalui asesmen online untuk menilai kepribadian kandidat secara online. Hasilnya diharapkan dapat membantu saat seleksi wawancara demi informasi awal yang lebih komprehensif sesuai visi LPDP. Dengan demikian catatan pewawancara dapat lebih komprehensif. Semua kandidat yang lolos untuk mengikuti seleksi wawancara berarti dianggap lolos seleksi via asesmen online. Kandidat tersebut sudah memiliki catatan kepribadiannya secara online. Akuilah hasil itu dan itu menunjukkan Anda. Tinggal selangkah lagi profil Anda semakin terlihat terang benderang. Ya, semakin jelas dibuktikan melalui proses wawancara. Dan nilai wawancara, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjadi penentu kelulusan, selain nilai penulisan essay dan LGD LPDP.

Catatlah bahwa LPDP hanya mencari kandidat calon penerima beasiswa LPDP 2017 yang mahir. Bisa dan paham saja akan VISI LPDP tidaklah cukup. Terampil pun masih kurang (kurang sedikit lagi). Namun, kandidat yang MAHIR. Bahasa lainnya ialah kandidat yang excellent dan bukan rata-rata. So, jadilah diri sendiri secara alami dan janganlah mencoba memanipulasi, karena membahayakan integritas Anda, Sahabat Sekolah Jepang. Menorehkan rekam jejak yang baik sesuai visi LPDP adalah jalan keluar terbaiknya sehingga semuanya terjadi secara reflek, tanpa dibuat-buat dan dipikir-pikir agar pewawancara senang. Sebagai tambahan info, linieritas bidang studi masih tidak menjadi keharusan, karena semakin banyak seseorang menguasai pengetahuan lain diasumsikan lebih baik (sisi positif). Akhirnya, selamat mengikuti tahapan wawancara dengan perasaan nyaman dan damai dalam menguraikan jawaban-jawaban Sahabat. Bukan diinterogasi. Semoga beasiswa LPDP menanti di depan sana πŸ™‚ 

Penulis: Atus Syahbudin 

103 x dibaca πŸ™‚ Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Share SHARE

Rajin Membaca Pangkal Pandai, silahkan Sahabat :