Menu Tutup

Mengapa & bagaimana perayaan kelulusan SD Jepang?

Ami-chan dan siswa Jepang sotsugyou shiki graduation ceremony lulus kelas VI SD Jepang
Ami-chan di hari sotsugyou shiki: omedetou gozaimasu!

SekolahJepang.com, Hore, selamat ya bagi semua Sahabat yang telah LULUS doktor, master, dan sarjana. Juga bagi adik-adik yang WISUDA TK, SD, SMP, dan SMA di Jepang, serta di manapun berada. Maret memang menjadi bulan penuh senyum bahagia dan semerbak bunga sakura di Jepang. Semoga Sahabat pun demikian 🙂

Nah, kali ini ulasannya mengenai perayaan WISUDA SD kelas VI. Wisuda kelas VI di SD Jepang atau yang dikenal dengan istilah sotsugyo shiki sangatlah istimewa. Hampir sama hebohnya saat mereka diupacarakan di kelas I SD. Kok bisa demikian ya? Jawabnya sederhana saja: sekolah di SMP akan berbeda dengan waktu di SD. Para siswa kelas VI perlu disadarkan bahwa mereka telah berhasil maju ke dalam tahap berikutnya. Mereka diharapkan lebih dewasa dan lebih mandiri lagi.


Sebagai contoh: saat berangkat ke sekolah, mereka akan lebih mandiri. Siswa SMP Jepang tidak perlu lagi berjalan dalam satu barisan dengan satu ketua barisan yang bertanggung jawab memandu mulai dari tempat berkumpul hingga gerbang sekolah SD. Ketergantungan mulai dikurangi. Apabila jarak rumah dengan sekolah lebih dari 2 km, siswa SMP Jepang diperbolehkan mengendarai sepeda. Pelajaran di SMP pun berbeda dengan saat di SD Jepang. Lain waktu saja ya kita bincang-bincang lagi tentang pelajaran SMP Jepang.    

Baik, lalu bagaimana siswa SD kelas VI dirayakan kelulusannya? Setidaknya inilah bocorannya: 

1. Kedua orang tua yang menghadiri upacara sotsugyo shiki memakai baju formal. Kebanyakan baju berwarna gelap mengingat kegiatan ini adalah upacara perpisahan. Ada juga ibu-ibu yang mengenakan baju kimono dengan anggunnya.

papan ucapan selamat sotsugyou shiki SD Jepang
Papan ucapan selamat sotsugyou shiki di pintu SD Yuzuki. Bunga sakura pun mulai bermekaran.

suasana sotsugyou shiki graduation ceremony lulus kelas VI SD Jepang2. Selain orang tua, juga hadir  tamu undangan dari pemerintah setempat, semisal: petugas dinas pendidikan, ketua daerah setempat, guru yang sudah pensiun, serta ketua PTA. Dalam upacara ini siswa kelas I-V juga diundang untuk berpartisipasi. Namun beberapa sekolah ada yang hanya mewajibkan siswa kelas IV dan V saja demi menjaga  kekhidmatan selama upacara berlangsung.

ami chan sotsugyou shiki graduation ceremony lulus kelas VI SD Jepang

 

3. Setiap anak sebelum menerima piagam kelulusan, maju satu persatu dan mengutarakan kesan selama berada di sekolah di depan semua hadirin. Cita-cita pun boleh disampaikan dalam kesempatan ini.

4. Setelah itu, kegiatan siswa kelas 1 hingga kelas 6 diperlihatkan. Kesan-kesan dari para guru yang pernah membimbing mereka sejak kelas I ditayangkan juga di dalam video. Tentunya para guru mereka dulu itu saat ini tidak lagi berada di sekolah tersebut, karena mengajar berpindah-pindah mengikuti aturan penempatan dari dinas pendidikan setempat.   

5. Dalam sotsugyou shiki semua siswa mendapatkan hadiah, seperti: jam (alarm) dan isi pensil ulang yang diharapkan dapat dipakai di SMP nantinya. Di penghujung acara, adik- adik kelas berbaris mengantar siswa kelas VI yang lulus sambil memberikan karangan bunga. Bunga dari kohai (junior) kepada sempai (senior) 🙂
.

44739 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Posted in Maret Jepang, PERISTIWA JEPANG, SD Jepang, SEKOLAH DAN PERNIKNYA

Artikel Penting Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

ようこそ, dapatkan artikel terbaru:

Terima kasih, selamat bergabung. Salam hormat kami, Atus Syahbudin & admin bersama SekolahJepang.com

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers