Menu Tutup

Apa sajakah persiapan menghadapi ujian S3 di Jepang?

Apa sajakah Persiapan ujian sekolah S3 di JepangTip 1. Banyak berdoa tentu menjadi keharusan saat akan menghadapi ujian S3 di Jepang 🙂 Apalagi saat ini bulan Ramadhan. Banyak Sahabat yang rajin berdoa dan beribadah. Mintalah doa dan restu kepada kedua orang tua, para ahli doa di sekitar Sahabat dan handai tolan.

Tip 2. Banyaklah berlatih presentasi di depan kolega, baik rekan sekamar, selaboratorium, sejurusan, semasjid, dll. Itung-itung sambil sedekah buka bersama, Sahabat pun mendapatkan umpan balik tentang:

a. Hal apa yang perlu dibenahi dan terus diperjelas (ditekankan) selama memberikan presentasi satu arah. Misal: lama waktu presentasi, pengucapan kosakata bahasa Inggris dan penjelasan mengenai data, dll.

b. Jenis pertanyaan yang bermula dari presentasi Sahabat yang kurang jelas dan lengkap.   

Tip 3. Survailah tempat ujian. Pastikan tempatnya dan juga bagaimana cara menggunakan laptop panitia, pointer, dan peralatan lainnya. Ingatlah bahwa Sahabat berada di Jepang yang penuh dengan petunjuk yang seringkali tidak bisa dibaca.

Tip 4. Siapkanlah slide cadangan di akhir presentasi. Slide cadangan ini tidak termasuk di dalam presentasi mengingat minimnya waktu yang tersedia, namun akan sangat berguna saat sesi tanya jawab. Ingatlah, gambar dan data yang terpampang di slide akan lebih mudah dipahami oleh pemirsa daripada penjelasan Sahabat yang terkadang minim kosakata Bahasa Inggris.

Tip 5. Selanjutnya, mari mencermati masukan dari para Sahabat SekolahJepang di kolom komentar. Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Untuk itu, sempatkanlah melihat komentar-komentar mereka. Semoga bermanfaat 🙂



46818 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Posted in Doktor/S3, SEKOLAH DAN PERNIKNYA

Artikel Penting Terkait

4 Comments

  1. intan sari areni

    Tambahan: makan yang bergizi dan tidur yg cukup (Jangan sampai studentnya yg ngantuk..hehehe)

    Sukses buat teman-teman semua, terkhusus yg akan menghadapi sidang….
    Semoga semuanya berjalan lancar… Ganbatte minna san….

  2. makkarenu nunu

    Jgn lupa titip slide PP di flash disk teman yg mau presentase/ujian jg, kali aja pada saat di butuhkan punya kita gk bisa kebuka/terbaca atau bahkan tercecer, apalg kalo gk bw laptop….
    Minna….ganbatte, selangkah lagi

  3. martin

    Sekedar share pengalaman mengenai ujian thesis S3, biasanya penguji ingin mengetahui:

    1. Kontribusi/novelty dari thesis kita terhadap komunitas ilmu pengetahuan kita.

    Inilah point pertama yang mereka cari, akan sangat membantu sekali, jika si candidat sudah mempunyai beberapa publikasi, utamanya di jurnal yang per-reviewed/ber-impact factor. Pada point ini, kita harus dapat meyakinkan si penguji, bahwa research kita betul-betul “worth”. Point ini sangat penting sekali, dan dapat mempengaruhi lulus tidaknya si candidat.

    2. Ingin mengetahui, apakah thesis itu di buat oleh kita sendiri atau orang lain.

    Biasanya pertanyaannya seputar mengapa mengambil topik ini, methodology ini, parameter ini atau itu dan sebagainya. Kalau kita melaksanakan thesis sendiri, sudah barang tentu akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

    3. Ingin mengetahui/mengetes kemampuan si candidat.

    4. Aplikasi/penerapan riset kita di dunia nyata (mungkin untuk industri dsb nya).

    Beberapa saran penting, sebelum ujian S3:

    1. Baca lagi seluruh thesis, mulai dari awal sampai dengan akhir, buat beberapa notes yang mungkin akan menjadi issue ketika ujian nanti.
    2. Latihan presentasi, kalau bisa di hadiri oleh teman2 satu lab. Biasanya akan banyak pertanyaan2 dari teman2 yang menjadi bahan masukan bagi kita.
    3. Siapkan hal-hal teknis selengkap mungkin, jangan sampai, hal-hal ini akan menganggu konsentrasi kita ketika ujian.
    4. “Take your time”……maksudnya, biarkanlah ketika si penguji bertanya, untuk menyelesaikan pertanyaannya….dan berilah waktu untuk kita sendiri untuk berpikir, jangan jawab secara terburu-buru.
    5. Minta doa restu dari orang tua, istri dan anak-anak, kalau perlu sama bapak Kyai biar akeh sing mendoakan……utamanya orang tua, istri dan anak2 menambah semangat tersendiri…….
    5. Yang sangat penting, banyak- banyak berdoa……mohon di berikan kelancaran dan kemudahan dalam ujian…………

  4. AdminSekolahJepang

    Bu Intan, Bu Nunu dan Mas Martin, terima kasih banyak atas masukannya yang sangat bermanfaat 🙂 Sukses buat semuanya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

ようこそ, dapatkan artikel terbaru:

Terima kasih, selamat bergabung. Salam hormat kami, Atus Syahbudin & admin bersama SekolahJepang.com

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers