Menu Tutup

Reviewer LPDP: Cinta Tanah Air Syarat Dapat Beasiswa LPDP

Seminar online bertajuk “Super Easy To Increase An Education With Scholarship” diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus Kediri, 15/7. Acara yang sangat menginspirasi dan membagikan informasi dan tips penting terkait beasiswa dalam maupun luar negeri ini menghadirkan reviewer beasiswa LPDP, Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D. dan salah satu penerima reviewer beasiswa LPDP 2019, Mhd. Fauzi. Moderator acara Ambar Kusuma.  

Menghadirkan kegiatan positif di tengah pandemi COVID-19 merupakan alasan diselenggarakannya acara ini. Terlebih lagi animo masyarakat untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri juga semakin meningkat. Namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui bahwa untuk mendapatkannya diperlukan persiapan jauh-jauh hari. Mulai dari apa saja persyaratan yang diminta dan dokumen mana saja yang perlu disiapkan.

“Banyak orang yang ingin ke luar negeri, namun baru sebatas keinginan, belum diikuti dengan aksi. Biasanya jika cita-cita sekolah ke luar negerinya belum begitu mantab, aksi pun minim dilakukan. Padahal penting sekali untuk mengetahui semua persyaratannya, termasuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing,” ungkap Atus yang juga sebagai Sekretaris Prodi Kehutanan, Fakultas Kehutanan UGM, Yogyakarta.

Penerima beasiswa MEXT Jepang 2008-2013 ini pun menekankan agar cermat dalam melihat visi misi pemberi beasiswa. Dalam hal ini, pencari beasiswa haruslah berusaha supaya memperoleh nilai maksimal pada poin-poin yang sejalan dengan visi misi pemberi beasiswa. Seperti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang mengharuskan penerima wajib kembali ke tanah air setelah usai melanjutkan sekolah. Dengan demikian, sangsi pengembalian beasiswa LPDP tidak terjadi sebagaimana yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini.

“Penerima beasiswa LPDP harus kembali ke Indonesia untuk memajukan Indonesia dengan ilmu yang diperolehnya di luar negeri. Untuk memastikan ini, calon penerima beasiswa seharusnya sudah terbiasa melakukan kegiatan cinta tanah air. Sukarela mengembangkan masyarakat Indonesia melalui pengabdian, penelitian maupun kegiatan organisasi,” jelas Atus.

Sementara itu, bagi yang masih memiliki banyak keterbatasan dalam berbahasa Inggris, Mhd. Fauzi membagikan kiat jitunya, antara lain sering membaca dan mendengarkan Bahasa Inggris kapan saja.

“Peluang besar mendapatkan beasiswa LPDP ini karena kemampuan Bahasa Inggris, pengalaman akademik dan non akademik. Dulu, saya memulai Bahasa Inggris dari nol, tidak bisa apa-apa. Tapi karena saat lulus S1 harus mempunyai TOEFL 450, saya pun terpaksa berlatih setiap hari secara otodidak. Niat untuk mendapatkan beasiswa LPDP membuat saya semakin bersemangat belajar Bahasa Inggris,” ungkap Fauzi, yang biasa dipanggil dengan Alana.    

Acara yang berlangsung selama dua jam ini banyak mendapatkan pertanyaan dari peserta mengenai berbagai persyaratan beasiswa dan kiat agar berpeluang besar lolos memperoleh beasiswa ke luar negeri. Beberapa peserta mengaku puas karena termotivasi untuk tidak putus asa dalam mencari beasiswa.  

“Acara online ini membuat saya terpantik untuk lebih giat berprestasi dalam segala aspek selama berproses di perkuliahan supaya saya mampu menjadi salah satu penerima beasiswa LPDP,” ujar Sony.

Chanifan, Intan, Shaffa, dan Arsyad pun sepakat, acaranya seru dengan pemateri sangat inspiratif. “Senang sekali dapat berkesempatan mendengarkan pemateri yang super keren penyeleksi beasiswa LPDP Pak Atus beserta Awarde Kak Alano yang menginspirasi agar tidak putus asa menggapai beasiswa”. Banyak peserta berharap acara serupa dapat diselenggarakan kembali di lain waktu.

93 x dibaca 🙂 Sahabat punya cerita di tempat lain, yuk kirimkan artikelnya via email ke berita@sekolahjepang.com.

Posted in BEASISWA, LPDP

Artikel Penting Terkait

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

ようこそ, dapatkan artikel terbaru:

Terima kasih, selamat bergabung. Salam hormat kami, Atus Syahbudin & admin bersama SekolahJepang.com

Follow

Get every new post delivered to your Inbox

Join other followers